Jalan-Jalan

Bandara Internasional Adi Sucipto Yogyakarta

Bandara Adisutjipto adalah bandar udara yang terletak di Sleman, Daerah Istimewa Yogyakarta. Sebenarnya ini bukan pertama kalinya Saya datang melalui bandara ini. Orang tua Saya memang tinggal di Yogya dan ini menjadi kunjungan wajib saya kebandara.

TAPI…….

Ini bukan pertama kali juga Saya datang ke bandara ini melalui terminal kedatangan internasional, baru kali ini Saya mencoba untuk menuliskan apa yang ada di dalam terminal kedatangan Internasional Yogyakarta.

Apa yang ada di pikiran netizen semua pada saat mendengar ‘Bandara Internasional’ ? Bandara dengan dilengkapi fasilitas yang standar internasional. Ruang imigrasi yang nyaman, pengambilan bagasi yang luas dilengkapi dengan belt pengambilan bagasi yang ‘ok’ pun sudah cukup harusnya. Tapi apa yang terjadi? Begitu Saya mendarat dan masuk pintu kedatangan, melewati imigrasi dan mengambil bagasi, ini yang Saya temukan:

IMG_0116

IMG_0119

IMG_0117

Ramai orang, sempit, gelap, berdesak-desakan, koper di tumpuk tidak beraturan dan belt yang hanya sepanjang kurang lebih 2 meter. Foto pertama di atas adalah ruang pengambilan bagasi + pintu kedatangan + antrian imigrasi. Foto kedua dan ketiga adalah tumpukan bagasi yang ditaruh sembarang oleh orang. Terbayang bukan? 😀 Kenapa tidak dirapihkan? Kalau ini tidak perlu bertanya oleh pihak yang bertanggung jawab, Saya bisa menjawabnya. Jawabannya adalah, mau ditaruh dimana? Tempatnya sudah penuh dengan orang.

Saya posting ini bukan untuk menjelekan Bandara Internasional Yogyakarta, tapi berusaha memberikan informasi apa yang terjadi di dalam sana, dan semoga Bapak Ibu yang berkepentingan pada saat membaca ini dapat memberikan tambahan fasilitas untuk bandara ini. Malu loh sama turis internasional yang datang ke Yogyakarta. Nggak matching sama slogan pariwisatanya ‘Yogya Never Ending Asia’, akan lebih ciamik lagi kalau ditunjang oleh fasilitas bandara internasional yang memadai karena ini merupakan pintu masuk turis asing ke Yogyakarta. Tapi kabarnya dari tukang taksi yang saya tumpangi, dalam waktu dekat akan dipindah ke terminal baru. Kapan? Belum tau.

Dan gambar selanjutnya ini adalah penampakan terminal keberangkatan internasional:

IMG_0743

IMG_0749

IMG_0751

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *